Memikirkan Kembali Mobilitas Perkotaan Di Indonesia: Peran Iayanan mobilitas bersama

Urbanisasi semakin pesat terjadi di Indonesia, dengan lebih dari 30 juta orang yang diperkirakan akan bergerak menuju kota-kota besar pada tahun 2030. Pergeseran ini secara umum disertai dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi. Bahkan, tidak ada negara yang pernah berkembang dari negara berpenghasilan rendah menjadi negara berpenghasilan menengah tanpa melewati tahapan ini. Penyebab dasarnya mencakup skala manfaat ekonomi dari kota-kota yang lebih besar, serta upah yang lebih tinggi yang diterima oleh para pekerja, seiring dengan beralihnya mereka dari kegiatan pertanian ke industri manufaktur dan jasa di perkotaan. Urbanisasi juga menimbulkan serangkaian tantangan tersendiri: terhadap faktor inklusivitas, lingkungan hidup, efisiensi ekonomi, dan kesehatan. Bagaimana Indonesia merancang kotanya, terutama sistem transportasi, akan memberikan dampak yang signifikan pada negara secara keseluruhan.

Laporan ini menjelaskan tentang potensi dampak layanan mobilitas bersama berbasis teknologi pada aspek-aspek utama dari kehidupan perkotaan di Indonesia. Sebuah analisis multibagian dilakukan dengan memanfaatkan penelitian yang telah dilakukan mengenai kota-kota di Indonesia, untuk mengembangkan skenario masa depan di mana semua perjalanan pribadi telah bergeser menjadi moda perjalanan bersama, termasuk angkutan umum dan layanan ridesharing (nebeng). Hasilnya dianalisis menurut manfaat yang dihasilkan pada tiga bidang utama – efisiensi ekonomi; inklusivitas dan kesejahteraan; serta kesehatan dan lingkungan hidup. Suatu basis fakta data yang tersedia tentang infrastruktur transportasi dan perilaku perjalanan, data dari Uber, dan periode prospek yang relatif singkat (2020) digunakan untuk membatasi berbagai hasil analisis yang bisa terjadi saat kami menyusun platform untuk memahami potensi manfaat dari layanan ini.

Baca lebih lanjut di sini.

Relevant Publications

Rethinking Urban Mobility in Indonesia: The role of shared mobility services

Prepared for Uber by AlphaBeta. Urbanization is rapidly increasing in Indonesia, with over 30 million more people expected to move to cities by 2030.

readmore

The Economic Impact of Geospatial Services: How Consumers, Businesses & Society Benefit from Location-based Information

Despite the growing use of geospatial technology around the globe, its true economic value remains hidden, as traditional measuring concepts have failed to keep up with the rapid evolution of...

readmore

Regulating the new economy

AlphaBeta Report by Tarah Barzanji & Andrew Charlton. Eight lessons from a case study of ride sharing, Uber and the ACT Government.

readmore